Hubungan Pendidikan dengan Kunjungan Ibu Ke Posyandu


Hubungan Pendidikan dengan Kunjungan Ibu Ke Posyandu, Hasil penelitian yang dilakukan oleh Anwarul hasan seorang mahasiswa keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu Lampung.

Akang Putra Hubungan Pendidikan dengan Kunjungan Ibu Ke Posyandu

Hasil Penelitian dengan menggunakan uji chi square menghasilkan nilai p value = 0,003<α = 0,005 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan kunjungan ke Posyandu Darma Bhakti Pekon Waya Krui Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Lampung Tahun 2015.

Hasil analisis juga menemukan OR = 4.8 yang berarti bahwa ibu yang memiliki pendidikan tinggi mempunyai peluang 4.8 kali lebih besar melakukan kunjungan ke posyandu secara teratur dibandingkan dengan ibu yang memiliki pendidikan rendah.

Akang Putra Hubungan Pendidikan dengan Kunjungan Ibu Ke Posyandu

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk memberikan kemampuan berfikir, menelaah dan memahami informasi yang diperoleh dengan pertimbangan yang lebih rational dan pendidikan yang baik akan memberikan kemampuan yang baik pula dalam mengambil keputusan tentang kesehatan keluarga (Hastono, 2009)

Pendidikan berarti bimbingan yang diberikan seseorang terhadap perkembangan orang lain menuju kearah cita-cita tertentu yang menentukan manusia untuk berbuat sesuatu dan mengisi kehidupan dalam mencapai kebahagian dan keselamatan, pendidikan diperlukan dalam mendapatkan informasi, misalnya informasi tentang manfaat posyandu (Wawan dan Dewi, 2010).

Seperti YB Mantra yang dikutip Notoatmodjo (2003), pendidikan dapat mempengaruhi seseorang termasuk juga perilaku seseorang.

Hasil ini samadengan penelitian yang dilakukan oleh Yuryanti (2010) dan Jannah (2010) yang menyatakan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan perilaku kunjungan ibu balita ke posyandu.

Pada penelitian Yuryanti (2010) didapatkan OR 3,316 yang berarti ibu yang berpendidikan tinggi mempunyai peluang 3,3 kali untuk berperilaku kunjungan baik dibandingkan dengan ibu yang berpendidikan rendah dan Jannah (2010) didapatkan OR 0,310 yang artinya ibu yang berpendidikan dasar 9 tahun mempunyai peluang 0,3 kali mengunjungi posyandu dibandingkan dengan ibu yang berpendidikan diatas pendidikan dasar 9 tahun.

Menurut peneliti, orang yang berpendidikan tinggi memiliki pola pikir yang baik dalam menerima dan menyerap informasi mengenai posyandu dengan baik yang disampaikan melalui penyuluhan kesehatan, maupun melaui media TV, radio dan media massa lainnya.

Responden yang berpendidikan tinggi lebih peduli terhadap kesehatan anak balitanya dibanding dengan yang berpendidikan rendah. Sehingga untuk pemilihan pelayanan kesehatan untuk yang berpendidikan tinggi lebih memilih ke pelayanan yang lebih tinggi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Pendidikan dengan Kunjungan Ibu Ke Posyandu"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam