Cara Sederhana Membuat Jus Tomat Segar Sendiri di Rumah

Belajar bagaimana membuat jus tomat itu menyenangkan dan memuaskan, apalagi kita bisa membuat jus tomat dengan cara sederhana di rumah, dan buah tomat yang biasa saja bisa jadi lezat dan sehat.

Satu satunya bahan yang dibutuhkan adalah buah tomat segar yang bisa didapat dari kebun sendiri atau bisa juga beli di pasar tradisional maupun di supermarket.

Jus tomat ini bisa dinikmati sendiri atau bisa juga dicampur dengan jus sayuran lainnya untuk mendapatkan sensasi minuman yang menyegarkan.

akang putra Cara Sederhana Membuat Jus Tomat Segar Sendiri di Rumah

Cara Sederhana membuat  jus tomat
Bahan baku seperti buah tomat yang dibutuhkan untuk membuat satu liter jus tomat sangat minim. Jika Anda tidak memiliki tanaman buah tomat sendiri di kebun atau pekarangan rumah bisa membelinya dan memilih buah tomat segar di pasar atau tukang sayur keliling, bahkan bisa juga membelinya ke supermarket.

Bahan yang harus disiapkan untuk mendapatkan jus tomat segar sederhana yaitu
3 ons tomat segar
1 bawang merah cincang kecil (tergantung selera ya, boleh juga ga usah pake bawang)
2 tangkai seledri cincang (ini juga opsional aja ya,, ga harus ada dan tergantung selera)

Untuk memberi rasa gurih pada jus tomat yang kita buat, boleh tambahkan satu bawang merah cincang kecil dan dua batang seledri cincang ke tomat yang dimasak.

Selanjutnya cuci semua tomat segar secara menyeluruh dan apabila masih ada tangkainya lepaskan tangkai yang ada di buah tomat.

Jika Anda lebih suka dengan tomat kupas, masukkan tomat dalam air mendidih selama satu atau dua menit sampai kulit terbelah, kemudian biarkan tomat yang sudah di masak hingga dingin, dan selanjutnya lepaskan kulitnya.

Masukkan tomat ke wadah terpisah kemudian cincang tomat atau di iris kecil kecil.

Tempatkan panci di atas api sedang di atas kompor. Jika Anda ingin menambahkan rasa ke jus tomat matang tadi, silahkan tuangkan sedikit minyak zaitun ke dalam panci dan tumis bawang merah cincang dan seledri sampai lembut, sekitar 8 sampai 10 menit.

Tambahkan tomat cincang ke dalam panci, dengan panas sedang dan biarkan mendidih tomat selama 25 sampai 40 menit, tergantung pada konsistensi yang diinginkan. Waktu memasak yang lebih lama akan menghasilkan jus yang sedikit lebih kental.

Angkat campuran tomat yang telah dimasak dari kompor dan biarkan dingin setidaknya selama 10 sampai 15 menit.

Masukkan campuran tomat melalui saringan atau penggilingan makanan untuk menghilangkan semua padatan tomat, bawang merah, dan seledri.

Dinginkan jus tomat yang sudah disaring hingga beberapa jam sebelum disajikan, hal ini untuk mendapatkan rasa jus yang segar.

Anda bisa menyimpan jus ekstra sampai beberapa hari di kulkas.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana Membuat Jus Tomat Segar Sendiri di Rumah"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam