Hubungan Pendidikan Orang Tua dengan Perilaku Pencegahan Diare pada Balita


Penyebaran penyakit diare terkait dengan perilaku masyarakat yang sangat erat hubungannya dengan kebiasaan hidup bersih dan kesadaran keluarga terhadap bahaya diare. Perilaku pencegahan diare merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan penyebaran dan penularan sehingga dapat menurunkan angka kejadian penyakit diare.

Pencegahan diare yang dilakukan oleh orang tua dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang tua akan penyakit, penyabab dan pencegahan diare. Pengetahuan orang tua sangat dipengaruhi oleh daya tangkap dan pola berfikir yang dipengaruhi oleh pendidikan orang tua.

Diare merupakan keadaan dimana seseorang menderita mencret-mencret, tinjanya encer,dapat bercampur darah dan lendir kadang disertai muntah-muntah. Diare dapat menyebabkan cairan tubuh terkuras keluar melalui tinja

Orang Tua dengan pengetahuan baik memiliki kemungkinan melakukan pencegahan diare dengan baik lebih tinggi di bandingkan orang tua dengan pengetahuan kurang Pecegahan penyakit diare dapat dilakukan bila ibu memiliki pengetahuan yang baik tentang penyakit diare.

Orang tua dengan pendidikan lanjutan memiliki kemungkinan melakukan pencegahan diare dengan baik lebih tinggi di bandingkan orang tua dengan pendidikan dasar. Tingkat pendidikan ibu yang rendah akan mempengaruhi pengetahuan ibu karena ibu yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi akan mudah menerima masukan dari pihak lain

Pendidikan ibu dengan perilaku pencegahan diare oleh ibu dengan pendidikan lanjutan biasanya akan melakukan pencegahan diare dengan baik, sedangkan ibu dengan pendidikan dasar biasanya akan melakukan pencegahan diare kurang baik

Orang tua yang melakukan pencegahan diare dengan baik sebagian besar memilki pendidikan lanjutan. Perilaku merupakan aksi dari individu terhadap reaksi dari hubungan dengan lingkungannya. Berakaitan dengan hal tersebut maka salah satu persoalannya ialah bagaimana cara membentuk perilaku itu sesuai dengan yang diharapkan.

Perilaku pencegahan diare sangat dipengaruhi oleh pengetahuan yang didapat dari pendidikan pendidikan mempengaruhi proses belajar, makin tinggi pendidikan seseorang makin mudah orang tersebut untuk menerima informasi.

Dengan pendidikan tinggi maka seseorang akan cenderung untuk mendapatkan informasi, baik dari orang lain maupun dari media massa. Semakin banyak informasi yang masuk semakin banyak pula pengetahuan yang didapat tentang kesehatan.

Pengetahuan sangat erat kaitannya dengan pendidikan dimana diharapkan seseorang dengan pendidikan tinggi, maka orang tersebut akan semakin luas pula pengetahuannya sehingga akan melakukan perilaku yang lebih mendukung lagi.

Pendidikan yang semakin tinggi akan menambah wawasan dan pengetahuan seseorang begitu pula dalam bidang kesehatan dan akhirnya akan berperilaku untuk mencegah diare. pendidikan yang semakin tinggi akan menambah wawasan dan pengetahuan seseorang begitu pula dalam bidang kesehatan.

Peningkatan pengetahuan tentang diare melalui penyuluhan terutama pada orang tua dengan pendidikan rendah perlu dilakukan untuk meningkatkan perilaku orang tua dalam mencegah diare.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hubungan Pendidikan Orang Tua dengan Perilaku Pencegahan Diare pada Balita"

  1. Contoh perbedaan perlakuannya itu bagaimana ya kang? Kalau pendidikan lanjutnya bukan dari jurusan kesehatan apakah berpengaruh jg? Penasaran 😀

    ReplyDelete

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam