Perhatikan! Ini Dia Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras

Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras - Salah satu Prilaku Remaja yaitu ingin menampilkan jati dirinya kepada teman atau lingkungan, dengan perilaku lingkungan yang kurang baik dan tidak diperhatikan dengan baik oleh keluarga bisa kebablasan. Bisa jadi terjerumus ke dalam lingkungan yang tidak baik, apalagi orang tua kurang menanamkan ilmu agama kepada anak sejak dini hingga remaja.

Secara umum remaja ingin diakui keberadaannya dan mendapat perlakuan khusus. Untuk menunjukkannya, perilaku remaja terkadang mengarah pada bentuk mencari perhatian, dengan menonjolkan dirinya dalam perbuatan negatif, salah satunya adalah mengkonsumsi  minuman keras.

Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras
Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras | ilustrasi diambil dari pixabay
Pergaulan yang negatif yang memberikan pengaruh dalam penggunaan minuman keras. Karena dengan minum-minuman keras mereka berharap bisa mendapatkan kegembiraan, menghilangkan rasa rendah diri, mempertahankan gengsi.

Di samping itu, tidak sedikit remaja yang ikut-ikutan dan hanya sekedar mencari perhatiaan dan pengakuan bahwa dialah yang paling hebat (Sunaryo, 2008).

WHO melaporkan tahun 2011 menyebutkan sebanyak 320.000 orang usia 15-29 tahun meninggal di seluruh dunia setiap tahun karena berbagai penyebab terkait alkohol. Sejumlah kasus  pemukulan dan tawuran yang melibatkan remaja, ketika diteliti ternyata berawal dari pengaruh minuman keras.

Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras

Perilaku dapat mempengaruhi kebiasaan remaja dalam mengkonsumsi Minuman Keras.

Pada masa remaja, pola interaksi mereka lebih banyak dihabiskan dengan teman-teman sebayanya.  Kebutuhan untuk dapat diterima oleh kelompoknya sering kali membuat remaja berbuat apa saja agar dapat diterima oleh kelompoknya.

Demikian pula jika mayoritas kelompok memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman keras, maka setiap anggotanya mau tidak mau akan dan harus mengikuti aktivitas tersebut tanpa memperdulikan perasaan mereka sendiri.

Lingkungan Sosial pada Remaja

Secara sosiologis, remaja umumnya memang amat rentan terhadap pengaruh-pengaruh eksternal. Karena proses pencarian jati diri itu, mereka mudah sekali terombang-ambing dan masih merasa sulit menentukan tokoh panutannya.

Mereka juga mudah terpengaruh oleh gaya hidup masyarakat di sekitarnya. Karena kondisi kejiwaan yang labil juga remaja mudah terpengaruh. Mereka cenderung mengambil jalan pintas dan tidak mau lebih jauh memikirkan dampak negatifnya

Sebagian besar dari orang tua remaja mengkonsumsi minuman keras bertujuan untuk meningkatkan stamina bekerja, kebiasaan orang tua seperti ini akan ditiru oleh remaja karena mereka angggap perilaku mengonsumsi minuman keras merupakan hal yang wajar dilakukan.

Selain itu lingkungan tempat tinggal remaja juga sebagian terdapat tempat produksi dan menjual minuman keras walaupun dalam katagori tradisional, hal ini memicu para remaja untuk mencoba mengkonsumsi minuman keras tersebut dengan alasan hanya sekedar mencoba saja, akan tetapi hal ini cendrung berlanjut pada perilaku ketagihan untuk mengkonsumsinya kembali.

Iklim lingkungan yang tidak sehat, cenderung memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan remaja dan sangat mungkin mereka akan mengalami kehidupan yang tidak nyaman, stres atau depresi.

Dalam kondisi seperti inilah, banyak remaja yang meresponnya dengan sikap dan perilaku yang kurang wajar dan bahkan amoral, sperti kriminalitas, meminum minuman keras, penyalahgunaan obat terlarang, tawuran dan pergaulan bebas (Sarwono, 2011).

Ternyata nampak jelas bahwa faktor lingkungan sangat mempengaruhi remaja dalam mengkonsumsi minuman keras, untuk itu sebaiknya hindari lingkungan yang didalamnya terbiasa mengkonsumsi miras. Cari teman yang mempunyai latar belakang lingkungan yang baik, karena lingkungan anda juga mencerminkan diri anda.

Semoga bermanfaat, silahkan dishare ke teman teman ya,, semoga bisa mengurangi peluang terjerumus ke dalam lingkungan yang tidak baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan! Ini Dia Faktor Penyebab Kebiasaan Remaja Mengkonsumsi Miras"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam