Dinilai Ampuh, Ternyata Ini Cara Pencegahan Demam Berdarah

Cara Pencegahan Demam Berdarah  - Demam Berdarah (DB) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia terus mengalami peningkatan kasus yang menyerang manusia. Tercatat sejak 2012 Kasus DBD ini terus bertambah mencapai 90.245 kasus dengan jumlah kematian 816 orang (IR= 37,27/100.000). Sedangkan di tahun sebelumnya jumlah kasus DBD di Indonesia tahun 2011 sebesar 49.868 kasus dengan jumlah kematian 404 orang (IR= 21/100.00 penduduk).

Dinilai Ampuh, Ternyata Ini Cara Pencegahan Demam Berdarah
Gambar diambil dari pixabay

Faktor penyebab penyakit demam berdarah di Indonesia dikarenakan pengetahuan masyarakat tentang pecegahan penyakit DBD masih kurang. Padahal melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

Jika sudah memasuki masa terinfeksi DBD dan tidak diobati, akibat demam berdarah akan berdampak luas. Jika penderita penyakit DBD tidak mendapat perawatan yang memadai maka penderita DBD dapat mengalami perdarahan yang hebat, syok dan dapat menyebabkan kematian.
Oleh karena itu semua kasus DBDsesuai dengan kriteria WHO harus mendapat perawatan di tempat pelayanan kesehatan atau RS. Sebenarnya kasus DBD dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus.

Cara penularan DBD sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Maka cara pencegahan demam berdarah yang paling ampuh adalah dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat merupakan kunci awal dari menurunnnya angka DBD di suatu daerah atau wilayah.

Cara efekif mencegah terjangkit DBD adalah menghindari gigitan nyamuk dengan cara menurunkan populasi. Melalui kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, secara otomatis akan menghambat perkembangan jentik, dengan adanya kepedulian maka aplikasi dari upaya-upaya memberantas DBD akan terealisasi, dengan begitu tidak akan memberikan kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang.

Selain itu, diharapkan petugas kesehatan dapat lebih aktif melakukan penyuluhan tentang DBD terutama menjelang musim penghujan (oktober-desember) dan menyesuaikan waktu penyuluhan tentang DBD.

Penyebab penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya tersebut juga bisa dilakukan dengan menekan tingkat penyakit DBD dengan cara perbaikan kualitas kebersihan (sanitasi) lingkungan menekan jumlah populasi nyamuk Aedes Aegypti selaku vektor penyakit DBD.

Selain itu juga, cara melakukan pencegahan DBD di masyarakat bisa langsung memastikan dilakukannya pengobatan segera bagi penderita DBD. Kendati demikian pencegahan DBD yang paling efektif adalah dengan memperhatikan peningkatan pemahaman dan pengetahuan, kesadaran, sikap dan motivasi perubahan perilaku masyarakat terhadap pencegahan penyakit ini sangat mendukung percepatan dalam upaya memutus mata rantai penularan penyakit DBD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinilai Ampuh, Ternyata Ini Cara Pencegahan Demam Berdarah"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam