Gambaran Fisik dan Lingkungan Perumahan di Dusun II Desa Sukoharjo berdasarkan Laporan Hasil Praktik Keperawatan Komunitas Mahasiswa tahun 2017

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan olh Mahasiswa dalam Praktik Keperawatan Komunitas yang di Laksanakan di Dusun II Desa Sukoharjo I Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Berikut Gambaran Fisik dan Lingkungan Perumahan di Dusun II Desa Sukoharjo berdasarkan Laporan Hasil Praktik Keperawatan Komunitas Mahasiswa tahun 2017

Fisik dan lingkungan perumahan
Bunyi  bising, bau, debu, dan lain-lain berkaitan dengan masalah pencernaan
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan kepala kadus dengan warga, dan ketua RT di Dusun II bunyi bising tidak ditemukan karena tidak ada pabrik, dan lain-lain yang menyebabkan kebisingan, sedangkan bau tidak ada bau-bau busuk yang mengganggu kenyamanan masyarakat Dusun II, dan dari hasil survey dan wawancara untuk debu ada karena disetiap rumah rata-rata halamannya masih menggunakan tanah, dan yang lain-lain tidak ditemukan permasalahan.

Kondisi pemukiman
Berdasarkan hasil survey dan hasil wawancara dengan kepala kadus, dengan warga, dan ketua RT didusun II kondisi permukiman warga tidak padat,setiap rumah sudah mempunyai jamban, jendela, halaman, dan ada sebagian rumah yang mempunyai kandang ternak, tidak ada sampah yang berserakan di halaman rumah karena sebagian besar warga sudah mempunyai pembuangan sampah.

Sanitasi
a) Penyediaan air bersih
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT untuk penyediaan air bersih, bahwa penyediaan air bersih di dapat dari sumber mata air sumur dari masing-masing rumah.

b) Penyediaan air minum
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT untuk penyediaan air minum di dapat dari merebus air bersih dari sumur yang dimiliki,dan air isi ulang dan air mineral.

c) Pengelolaan jamban
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT Dusun II pengelolaan jamban di laksanakan masing-masing warga di rumahnya sendiri, dan jamban kebanyakan sudah permanen (septi tank), tetapi ada beberapa warga yang masih memakai wc kolam.

d) Sarana pembuangan air limbah
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT untuk sarana pembuangan air limbah belum ada sarana pembuangan air limbah karena warga membuang limbah rumah tangga ke selokan dan kolam.

e) Pengelolaan sampah
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT untuk pengelolaan sampah tidak ada, karenabelum ada tempat pengolahan sampah.

f) Polusi udara, air, tanah atau suara kebisingan
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT tidak ada polusi udara, air, tanah dan suara bising karena tidak ada factor pencetus yang menyebabkan polusi seperti pabrik,

g) Sumber polusi: pabrik, rumah tangga
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan warga dan kepala kadus serta ketua RT tidak ada sumber polusi dari pabrik,adanya  limbah rumah tangga tetapi tidak memberikan polusi bagi warga.

Fasilitas 
a) Sarana olahraga
Berdasarkan hasil wawancara dan hasil survey kepada kepala dusun IIterdapat sarana olahraga seperti lapangan sepak bola. Olahraga tersebut diatas biasanya diadakan saat musiman terutama saat diadakan lomba atau kompetisi.

b) Taman, lapangan
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan bapak kepala dusun dan warga serta ketua RT di Dusun II tidak memiliki taman, tetapi memiliki lapangan sepak bola.

c) Sarana hiburan
Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan bapak kepala dusun dan warga serta ketua RT di mengatakan di Dusun II hiburan diadakan hanya musiman yaitu pada saat adanya acara-acara desa. Atau ada perayaan keagamaan.

d) Sarana ibadah
Berdasarkan wawancara dan hasil survey dengan bapak kepala dusun dan ketua RT serta warga, sarana ibadah di Dusun II terdapat 1 masjid.

Kondisi geografis
Berdasarkan hasil wawancara dan hasil survey dengan bapak kepala dusun dan ketua RT serta warga, untuk kondisi geografis di dusun II Sukoharjo I tergolong subur, karena bisa ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan.


Gambaran Fisik dan Lingkungan Perumahan di Dusun II Desa Sukoharjo berdasarkan Laporan Hasil Praktik Keperawatan Komunitas Mahasiswa tahun 2017


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambaran Fisik dan Lingkungan Perumahan di Dusun II Desa Sukoharjo berdasarkan Laporan Hasil Praktik Keperawatan Komunitas Mahasiswa tahun 2017"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam