Masih Bingung input KRS di SIAKAD?? Baca dulu Tutorialnya di Sini

Sebagai Mahasiswa tentu saja harus melakukan Registrasi agar bisa mengikuti perkuliahan di Semester berikutnya, Registrasi bagi mahasiswa itu diantaranya melakukan pembayaran untuk semester berjalan, selanjutnya melakukan pengisian Kartu Rencana Studi atau yang familiar dengan sebutan KRS.

Dalam pengisian KRS itu terdiri dari dua tahapan, tahap pertama menuliskan rincian mata kuliah kedalam buku Komunikasi Mahasiswa atau buku Bimbingan dan minta lah tanda tangan ke pada Dosen Pembimbing Akademik dan Ketua Prodi nya. Tahapan yang kedua yaitu melakukan input KRS di SIAKAD.

Bagi mahasiswa mestinya sudah paham dong cara menginput KRS di SIAKAD, akan tetapi bagi anda yang merasa lupa cara input ke SIAKAD, atau memang pada semester lalu nitip kepada temannya dalam penginputan KRS di SIAKADnya, baiklah disini akan di jelaskan langkah demi langkah dalam menginput KRS ke SIAKAD.
Sebelum melanjutkan ada baiknya anda Baca Juga : Alur Pengisian KRS Semester Genap tahun akademik 2016-2017
Langkah Pertama cari ikon seperti pada gambar di samping kanan berikut ini pada layar monitor Komputer yang ada di ruangan SIAKAD Kampus, jika sudah menemukannya kemudian klik 2x.

Setelah di klik 2x pada ikon maka akan terbuka tmpilannya seperti ini


Nah selanjutnya masukkan nomor Pokok mahasiswa (NPM) anda ke kolom User dan masukkan password yang anda miliki ke dalam kolom passwordnya. Kemudian klik login atau bisa langsung tekan enter pada keyboard. Apabila  NMP dan Passwordnya benar, maka pada langkah ini akan berhasil dan halaman SIAKAD akan terbuka seperti berikut ini :


Apabila anda sudah berada pada halaman SIAKAD seperti pada gambar di atas, selanjutnya coba di perhatikan menu yang ada pada laman tersebut, lihat gambar berikut dan simak penjelasan apa saja yang ada pada menunya.

Pada Menu Mahasiswa akan ada tampilan seperti

  • Proses KRS
  • Jadwal Kuliah & Ujian
  • Registrasi Ulang
  • Exit

Karena pada postingan ini kita fokus ke Proses KRS maka disini tutorialnya hanya untuk menginput KRS pada SIAKAD saja. silahkan klik pada menu Proses KRS, pada menu ini berisi tentang informasi mata kuliah yang harus di input oleh mahasiswa pada semester berjalan.

 Setelah klik Proses KRS kemudian Klik Lagi pada Kartu Rencana Studi (KRS), lihat gambar

Maka tampilan halaman KRS seperti nampak pada gambar berikut ini :


Yang harus diperhatikan pada sederetan menu yang ada di pojok kanan atas, karena sebelum melakukan penginputan KRS pastikan sudah mengklik menu NEW agar terbuka lembar baru. nah lakukan langkah langkah berikut ini :

  1. Klik New terlebih dahulu
  2. Kemudian cari mata kuliah sesuai dengan yang sudah ditulis di Buku bimbingan tadi kemudian klik
  3. Setelah di klik maka mata kuliah akan berpindah ke sebelah kanan, jika benar kemudian klik SAVE untuk menyimpan.
  4. Lakukan langkah langkah 1 , 2 dan 3 sampai dengan semua mata kuliah yang ada di buku bimbingan tadi dan jangan sampai ada yang ketinggalan.
  5. Sebelum Keluar periksa terlebih dahulu apa yang sudah di lakukan. dan pastikan semua mata kuliah sudah tersimpan di KRS.
  6. Boleh Close SIAKAD nya.

Pastikan Penginputan Mata Kuliah benar benar sudah dilakukan dan tersimpan, jika tidak maka nama mahasiswa tidak akan muncul pada absensi yang ada di Jurnal perkuliahan Mata Kuliah tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masih Bingung input KRS di SIAKAD?? Baca dulu Tutorialnya di Sini"

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam