Pertolongan Pertama ketika Raisya mengalami Panas

Pertolongan Pertama ketika Raisya mengalami Panas - Sebagai orang yang baru menjadi seorang ayah tentu saja masih banyak sekali kekurangan pada diri akang, apalagi soal anak. Memang benar adanya bahwa saat ini akang sedang berbahagia dengan hadirnya putra pertama dalam kehidupan rumah tangga yang baru dua tahun usia pernikahan kami. 

Anak merupakan salah satu rezeki yang tuhan percayakan kepada akang dan istri, hadirnya anak adalah hal yang baru dalam kehidupan rumah tangga akang. Dimana memang kurang nya pengetahuan tentang tindakan yang dapat dilakukan ketika anak mengalami demam atau panas pada tubuh anak. 

Saat ini putra akang Raisya Khairan Abqary namanya, Raisya yang sangat kami sayangi ini, (semoga dalam lindungan allah dan diberikan kesehatan, keselamatan dunia dan akhirat, Sholeh juga dimudahkan jalan rezeki nya, aamiiiin) menginjak usia 1 tahun (18022016-18022017). 

Disaat kami mengadakan tasyakuran di mana tepat tanggal dan bulan kelahiran Raisya, meski sederhana hanya dengan nasi putih dan urab ini badan Raisya mengalami panas yang sangat tinggi. 

Setelah acara selesai nah pada malam hari nya Raisya mengalami demam, tubuhnya panas. Tentu saja akang sebagai seorang ayah yang masih baru ini merasa panik,  apalagi bener bener awam dengan dunia medis. 

Meskipun dalam keadaan panik akan tetapi istri akang mencoba untuk mencari solusi dengan mengingatkan untuk segera menghubungi orang yang paham tentang mengatasi demam pada anak. 

Coba anda bayangkan betapa paniknya ketika kita dihadapkan pada posisi ini, dimana ketidak tahuan kita pada saat anak mengalami demam atau panas.  Dan juga disaat itu terjadi pada malam hari dan tempat tinggal kita jauh dari tempat klinik atau medis. 

Dalam kondisi ini memang akang harus tenang, AKang mencoba menshare permasalahan yang sedang akang hadapi kedalam grup WhatsApp (WA) dengan harapan ada anggota grup yang masih aktif dan mau membantu serta bisa memberikan solusi. 

Ternyata benar saja, entah itu secara kebetulan atau memang tuhan telah memberikan solusi dari permasalahan yang akang hadapi malam itu. 

Pertanyaan Akang tadi mendapatkan respon dengan cepat dari seorang Dosen di perguruan tinggi swasta dimana memang beliau adalah lulusan Magister dari Universitas Indonesia yang konsentrasi nya pada Anak. 

Berikut ini merupakan langkah langkah tradisional dimana kita dapat memberikan pertolongan pertama pada saat anak atau balita mengalami demam atau panas pada tubuh. Langkah ini dapat kita lakukan ketika memang dalam kondisi jauh dari klinik atau tempat medis. 


  • Kompres anak atau balita dengan air hangat. Lakukan pengompresan dengan kain yang telah di celupkan ke air hangat, kemudian peras terlebih dahulu sebelum di letakkan ke kening anak atau balita. 

  • Siapkan Obat tradisional berikut ini bawang merah sedikit (kira kira satu siung cukup untuk balita), bawang tersebut kemudian di tumbuk atau bisa juga di potong kecil kecil dan diberi  minyak telon atau minyak kayu putih, setelah itu di oleskan ke badan anak atau balita. Jika ada bisa saja di tambah dengan sedikit asam jawa kemudian di oleskan ke kepala atau Ubun Ubun anak. 

  • Pada saat mengoleskan ramuan tradisional tadi bisa juga dengan dipijat pijat perlahan pada badan anak atau balita,  hal ini dapat memberikan rasa rileks pada anak atau balita. 

  • Usahakan anak yang mengalami demam jangan menggunakan baju yang tebal, jika demikian maka segera ganti baju anak dengan yang tipis dan sebaiknya baju yang menyerap keringat. Anak juga jangan di selimuti. 

  • Beri minum air hangat, bisa juga dengan memberikan air teh hangat, jika ada berikan madu hangat Pada anak. Sebaiknya berikan ASI se sering mungkin, karena hanya asi yang mudah diserap oleh tubuh anak. 
Setelah akang lakukan langkah langkah yang sudah di berikan diatas, Alhamdulillah sedikit merasa lega karena panas ditubuh Raisya sedikit berkurang dan Raisya bisa tidur dengan nyenyak. 

Di akhir pesan WA , jika langkah langkah tadi yang sudah di jelaskan tidak memberikan efek positif pada anak, maka segeralah menghubungi medis terdekat. 

Rasa cemas dan was was yang akang rasakan sedikit berkurang pada malam itu, meski panasnya masih ada tapi bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi.  Dan keesokan harinya pada pagi hari akang langsung ke klinik untuk memberikan pengobatan lebih lanjut. 

Nah itulah tadi sedikit berbagi cerita tentang apa yang akang rasakan ketika kita dihadapkan dalam situasi dan kondisi anak mengalami demam. Terima kasih akang ucapkan pada anda yang telah berkenan mengunjungi blog Akang Putra, jika dirasa ada manfaatnya silahkan di share dan jika ada masukan yang kaitannya dengan cerita akang atau blog akang ini silahkan berkomentar di bawah ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama ketika Raisya mengalami Panas "

Post a Comment

Harap Berkomentar Sesuai dengan Topik Pembahasan

Komentar anda sengaja dimoderasi untuk menghindari komentar yang mengandung sara dan spam